Minggu, 08 Januari 2012

JAMBU KRISTAL

Bibit Jambu Kristal yang Fenomenal!


Pingin Jambu yang renyah sampe ke kulitnya? Ini dia Jambu KRISTAL, jambu introduksi dari Taiwan ini memang top....didaulat sebagai Jambu tanpa biji (meski sebenarnya masih ada) maka jambu ini mampu menggantikan jambu Sukun yg lelet dalam berbuah, ukurannya juga Jumbo dan manisnya itu lho nyampai 12 briks! Maka tak heran harga buahnya ada di urutan paling atas untuk kategori jambu biji! (Foto saya ambil dari fotonya pak Budi, salah satu petani pelopor Jambu Kristal).
Itu tulisan status saya di facebook ( http://www.facebook.com/home.php#!/photo.php?fbid=152299511504324&set=a.131228743611401.26378.100001728284185&type=1&theater ) yang mendapat sambutan cukup besar, apalagi pesanan bibitnya yang kemudian, Alhamdulillah, terus mengalir. Ketika menulisnya saya memang begitu yakin jambu ini akan banyak mendapat respon, supaya menjiwai dalam menulisnya maka sayapun sambil makan buah yang bener-bener renyah dan uenak ini. Apalagi dulu saya adalah penggemar berat jambu Sukun. Jadi ini jelas salah satu buah impian saya. Saya masih inget betapa lamanya saya harus menunggu berbuahnya jambu Sukun lagi, bila saya panen buahnya, apalagi tempat cabangnya yang berbuah biasanya yang paling tinggi.
Sekarang dengan adanya Jambu Kristal ini, kerepotan saya lenyap sudah. Tidak lagi perlu memanjat sambil bawa galah, malah sekarang membungkuk untuk memetiknya! Buahnya susul-menyusul. Bahkan berkahnya bukan dari buah, tapi dari bibitnya....hehheee....
Foto-foto dibawah ini memperlihatkan dari mulai kebun induk yang dipelihara secara insentif, kemudian tampak bibit-bibit Jambu Kristal yang siapa jual dari cara perbanyakan Okulasi, Sambung pucuk (dan Cangkok tidak tanpak) berjajar rapi dengan memperlihatkan bunga dan bakal buah. Ini menunjukkan betapa mudahnya jambu ini berbuah di pembibitan sekalipun. Yang terakhir memperlihatkan bibit Jambu Kristal yang masih kecil dan ketelitian dalam pemeliharaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar